August 15, 2018

Task 5: Tidying Clothes (Part 2)

Setelah minggu lalu serius berkutat dengan sorting pakaian dan proses melipat ala KonMari, saya mulai merasakan perbedaan dan sederet manfaat, terutama untuk diri sendiri.

Pertama, rutinitas berpakaian menjadi lebih singkat. Saya tidak perlu lagi ngubek-ngubek isi lemari mencari selembar baju. Semuanya sudah terlihat dalam sekali sapuan mata. Biasanya kalau mau pergi, saya bengong di depan lemari berpikir mau pake baju apa. Seringkali saya bertanya-tanya apakah saya jadi kelihatan lebih skinny kalo pake baju ini dan itu. Tapi sekaramg baju-baju yang membuat saya tidak nyaman dan tidak percaya diri sudah saya pensiunkan. Sekarang isi lemari hanya baju yang membangkitkan semangat, membangkitkan kebahagiaan.

Kedua, perasaan bahagia dan relaks setiap membuka lemari. Belum pernah saya sebahagia ini saat membuka lemari. Tiap saya buka drawer atau lemari pasti senyum ngga pernah lepas ketika melihat deretan gradasi warna cantik dan susunan pakaian yang rapi. Walau lagi ngga beres-beres, kadang saya iseng buka lemari untuk melihat secuil kebahagiaan di dalamnya. No more stressful!
 
Ketiga, menjadi mood booster saat melipat baju. Sekarang saya jadi jauh lebih semangat saat melipat pakain dari jemuran untuk dimasukkan ke lemari. Biasanya pakaian setelah diangkat dari jemuran akan teronggok begitu saja di atas meja setrika selama dua hari karena setelah dilipat tidak ada lagi spacenya.

Keempat, ternyata setelah melewati proses berbenah kemarin saya jadi lebih mengenal diri sendiri. Saya jadi tahu pakaian mana yang cocok, nyaman untuk saya dan mana yang dapat mengoptimalkan rasa percaya diri. Saya bisa mengantisipasi pakaian seperti apa yang akan saya beli di kemudian hari. Tidak perlu tergiur mengikuti trend, tapi ukurlah kenyamanannya dan percaya diri saat memakainya.

Baru satu saja kategori yang saya kerjakan dalam ber-KonMari, tapi saya sudah bisa merasakan bahwa KonMari mulai merubah hidup saya ke arah yang lebih positif: Tidy clothes, tidy mind! 




No comments:

Post a Comment