September 25, 2018

Task 10: Love Letter



Dear Frasya yang sebentar lagi jadi kakak,

Baca surat ini ya nak kalau kamu udah bisa baca. :D
Terima kasih sudah banyak sekali menolong Mama di rumah: bantu ngaduk-ngaduk adonan bakwan atau pudding, masukkin mainan ke toy box tanpa diminta, menyapu lantai penuh kertas dengan polosnya. Kadang Mama sendiri tertegun dan terharu melihat anak Mama yang masih 2 tahun 2 bulan ini bisa melakukan hal-hal tadi. Tapi Mama juga mau bilang maaf kalau Mama belum jadi ibu yang sempurna buatmu. Mama belum bisa memberikan contoh yang baik di depanmu dalam segala hal, salah satunya kerapihan.

Seringkali Mama asal lempar bajumu ke lemari atau membiarkan mainanmu berserakan di lantai padahal sudah selesai bermain. Buku-buku ceritamu Mama biarkan tergeletak di kasur tanpa disimpan di raknya. Malahan Mama sendiri yang bad mood bahkan marah-marah kalau melihat semua itu berantakan. Dan kamu yang jadi sasarannya. Maaf... maaf... maaf ya anakku Frasya.

Seharusnya Mama lebih banyak memberi contoh baik. Tidak menyepelekan bahwa kamu masih kecil yang belum mengerti apa-apa apalagi soal kerapihan. Padahal Mama tahu kamu anak yang pintar dengan belajar melihat sekitar, otakmu merekam apa yang dilakukan orang di sekeliling. Seharusnya Mama lebih disiplin terhadap diri Mama sendiri, terlebih saat di depanmu. Membereskan setiap keping mainan ke kotaknya jika sudah selesai, merapikan arena bermain kita yang gaduh ricuh sebelum papa pulang kantor sebenarnya adalah hal yang mudah jika dilakukan dengan hati ikhlas. Ya, mungkin selama ini Mama kurang ikhlas melakukannya. Jangan dicontoh ya nak. Lakukan segala hal dengan hatimu, harus ikhlas, termasuk saat kamu harus membereskan mainanmu yang nanti akan diacak-acak selalu oleh adik kecilmu. Mama akan terus belajar untuk memberimu contoh dalam kerapihan, dengan begitu kamu tahu bahwa disiplin dan kerapihan adalah bagian dari dirimu yang akan dibawa sampai kamu besar nanti.

Semoga anak Mama Frasya bisa menjadi panutan yang baik bagi adik-adiknya kelak.

Salam sayang,

Mama

No comments:

Post a Comment