August 12, 2014

Belajar Investasi

Melihat saldo di buku tabungan yang kian meningkat - cieeee :p - saya merasa kalo disimpan saja nilainya tidak akan berkembang. Jadi saya mulai gali informasi kira-kira investasi apa yang bisa menguntungkan. Sempat terpikir untuk memulai bisnis, jualan apa gitu yang penting uang saya berputar dan menghasilkan profit. Tapi memulai bisnis itu tidak mudah loh, dulu saya pernah jadi salah satu konsultan sebuah produk kecantikan MLM. Harus berani menawarkan produk ke orang-orang. Belum lagi saat harus mengambil pesanan ke kantornya, ngantrinya panjang gila, udah kayak terminal bus pas mudik. Susah gening cari uang teh. :( Berjualan suatu produk juga harus ada kreativitas dan inovasinya, saya nggak mau jd follower jualan hijab yang lagi ngetrend sekarang. Udah banyak saingannya gitu. Hehe. Emang dasar nggak punya jiwa bisnis ya. Jadi let's skip this thing!

Selanjutnya, saat ke bank saya ditawari untuk berdeposito dengan jangka waktu yang fleksibel dan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa tentu saja. Katanya sih bisa 5 sampai 7 persen. Lumayan tuh daripada diendapkan saja di tabungan, pikir saya. Akhirnya sebagian uang pun saya depositokan untuk jangka waktu tiga tahun ke depan.

Tadinya, berhentilah pemikiran tentang investasi di deposito barusan. Tapi baru-baru ini seorang teman lama mengajak berinvestasi di futures trading atau perdagangan berjangka. Karna saya sangat sangat awam dengan dunia ini, saya hanya bisa menyimpulkan bahwa ini mirip-mirip dengan saham. - so sorry for my shallow understanding. This ain't my thing.

Biar lebih jelas perbedaan bursa saham dan bursa berjangka, saya mengutip sebuah tulisan dari Smita yang dimuat di artikel keuangan di Majalah Femina.

Bursa saham memperjualbelikan saham – surat bukti kepemilikan sebuah perusahaan – dari perusahaan-perusahaan terbuka, sementara bursa berjangka memperjualbelikan kontrak jual-beli. Misalnya, kontrak jual beli emas atau index futures.

Ranah bermainnya teman saya ini bukan di emas tapi di index futures. Oiya teman saya ini bernaung di bawah perusahaan sekuritas bernama PT. Agrodana Futures. Kelebihan berinvestasi di sini, bagi pemula seperti saya, yaitu kita bisa invest dengan modal minimal sejumlah $500 saja. Istilahnya disebut mini account. Kelebihan lainnya adalah berinvestasi dengan mini account risikonya tidak setinggi seperti di akun-akun reguler dengan minimal modal $5000.

Menurut artikel-artikel yang sudah saya baca, jika ingin berinvestasi di pasar saham maka lebih baik dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Wira dari juruscuan.com juga mengatakan "Bukankah perjalanan 1000km dimulai dengan satu langkah kaki?" Aiih bener banget. Jadi semakin termotivasi. Siapa tau di masa depan saya bisa menanam modal berMM seperti para investor kelas kakap itu. Hehe. Btw, teman saya menjanjikan keuntungan $15 per harinya. Kalo sebulan? Wah cukup menggiurkan bukan?

Bismillah aja deh. Semoga kalaupun ada loss - pasti sih - bisa ditutupi dengan capital gain yang dibuat selanjutnya. Aamiin. Hehe.

Udah segitu dulu aja deh nulisnya. Nanti saya update bagaimana perkembangan investasi ini.

Let's make money! Salam super! :D

No comments:

Post a Comment