August 29, 2013

Menuju Phuket: Pack Light and Carry On

Tiga hari lagi saya bakal menginjakkan kaki di Phuket!!! Hooray! *joged dora*

Segala persiapan sudah dilakukan seperti print out boarding pass, menukarkan mata uang Bath di Golden Money Changer Otista dan terakhir packing barang bawaan tentu saja. (satu yang belum voucher tour dan nomor kontak tour guide-nya belum dikirim juga nih sama travel agentnya. -_-")

Nah, dalam hal packing saya harus pintar-pintar memilih barang yang akan dibawa karena saya tidak membeli bagasi untuk keberangkatan ke Phuket nanti. Maklum demi menghemat biaya perjalanan. Kan lumayan bisa save 120 ribu rupiah. Hehe. Berhubung AirAsia menerapkan sebuah kebijakan bahwa tiap penumpang hanya boleh membawa satu tas ke dalam kabin pesawat dengan ukuran 56cmx36cmx23cm dan berat maksimal 7kg, saya pun harus tunduk pada aturan tersebut. Jika nanti tas yang kita bawa ditimbang di weighing machine counter AirAsia dan beratnya ternyata melebihi dari ketentuan, maka akan dikenakan biaya yang cukup mahal per satu kilogramnya. Makanya saya pun bongkar pasang tas ransel kemudian menimbangnya di timbangan berat badan di rumah. Selain tas ransel yang saya bawa, saya juga akan membawa sebuah handbag. Ya ternyata penumpang masih bisa membawa satu lagi handbag atau laptop bag ke dalam kabin.

Dengan mengacu pada aturan tersebut, saya pun tidak bisa sembarangan membawa pakaian yang saya suka. Jadi saya harus memilih pakaian berbahan tipis. Bila mau membawa baju atau celana berbahan jeans yang cukup berat, lebih baik kenakan saja pada saat berangkat. Untuk handuk, saya cukup membawa yang ukuran kecil saja karena pasti nanti sudah disediakan oleh pihak hotel. Kemudian, toiletries atau makeup berbahan cair harus memiliki berat maksimal 100ml/masing-masing item dan total yang bisa dibawa ke kabin adalah 10 item. Saya sih hanya membawa parfum, facial wash, sunblock cream, dan facial daycream yang sudah sering saya pakai. Sedangkan shampo dan sabun mandi bisa dibeli di minimarket di Phuket nanti.

Well, itulah kira-kira persiapan packing saya untuk liburan ke Thailand hari Minggu besok. Doakan perjalanannya lancar ya. :D



No comments:

Post a Comment