August 22, 2013

Menuju Phuket: Booking Tiket

Berawal dari ajakan teman saya Indri yang ingin jalan-jalan ke Thailand untuk menghabiskan uang SPP semester depan (emang dasar horang kayah -_- dan itu artinya tesis dia udah beres! emaaakk saya kapan????), dengan agak ragu saya pun iseng tanya orang tua boleh apa ngga. Eh katanya boleh dong. Apalagi pernyataan ini keluar dari mulut Mamah saya yang notabene sangat sulit diminta izinnya jika saya mau pergi ke luar kota. Ini Thailand meeen, and she said 'YES'. Makasi Maaah, cupcup muahmuah deh! Saya dan si Indri pun buru-buru browsing di internet mencari tour termurah. Keburu Mamah saya berubah pikiran soalnya.

Kepikiran juga untuk backpacking, tapi kami kan belum berpengalaman jadi ya lebih baik memakai jasa tour yang sudah jelas itinerary-nya. Buka website wisata ini itu, harganya mahal juga ya jika ditotal dengan tiket pesawat semuanya rata-rata di atas empat jeti. Okay, jangan menyerah terus cariii.

Akhirnya, saya terdampar di situs kaskus yang menawarkan paket wisata ke Thailand dengan harga lebih murah dibanding travel agent lain. Pilihannya ada dua untuk tour ke Thailand ini, ke Bangkok-Pattaya atau Phuket. Bangkok-Pattaya lebih mempromosikan wisata belanja dan buddhist temple-nya sedangkan Phuket menawarkan keindahan pantai-pantai di Phiphi Island yang dijadikan lokasi syuting film The Beach dan James Bond Island. Tanpa basa-basi tour ke Phuket inilah yang kami pilih.

Biaya paket wisata berdurasi empat hari tiga malam ini adalah USD 174 include menginap di hotel bintang tiga yaitu APK Resort. Tapi tentu saja harga tadi belum termasuk tiket pesawat. Maka, berpetualang lagilah saya menyusuri internet untuk menemukan tiket penerbangan paling murah. Saya jadi banyak belajar juga di sini. Ternyata mencari tiket pesawat murah itu mudah, tidak perlu dicek ke masing-masing situs maspakainya. Saat ini sudah banyak disediakan layanan online yang sangat membantu dalam hal ini. Salah satunya adalah utiket.com. Saya hanya harus memasukkan daerah asal dan tujuan serta tanggal keberangkatan. Kemudian, walla, keluarlah semua data penerbangan dari termurah hingga paling mahal. Bisa ditebak dong ya, AirAsia sebagai maskapai low cost carrier berada di urutan teratas.

Keberangkatan tanggal 1 September dan kepulangan tanggal 4 September akhirnya yang dipilih karena di hari itu tarifnya lebih murah jika dibanding hari lain. Eh ngga bisa dibilang murah juga sih, tarifnya 1,7 jt Jakarta-Phuket-Jakarta dan belum termasuk bagasi. Hadoh! Terus yang bikin keselnya lagi ternyata kurs rupiah melemah, jadi satu dollarnya IDR 11.500. Huhuuuuuu...

It's ok lah, berhubung udah ditransfer juga uangnya ya ngga bisa di-cancel. Anyways, dengan total 3,7 jt rupiah per orang, saya, adik saya Sekar dan Indri bisa berangkat ke Phuket. Harga ini paling murah lho dibandingkan yang ditawarkan travel lain.

Yeaaaay Phuket here we come!

No comments:

Post a Comment