August 09, 2018

Konteks Bersyukur dalam Berbenah #quizshokyuu

Bagi saya, saat berbenah adalah saat me-time, self-talk, sekaligus belajar untuk pandai bersyukur. Melihat barang yang dimiliki, menyentuhnya satu persatu, memilah-milah, serta mengingat kembali peranan barang-barang tadi, pada saat itulah saya belajar berterimakasih dan bersyukur.

Seringkali saya lupa bersyukur.

"Kok baju cuma ini ini aja. Belum punya ini, belum punya itu."

Malahan, rasanya rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri. Saat melihat orang lain, apa yang dimilikinya terlihat lebih baik dari milik saya dan keluarga.

Nah, saat proses berbenah mulai berjalan, menurut Marie Kondo, kita harus mengumpulkan barang dalam satu tempat agar kita menyadari bahwa itulah yang dimiliki.

"Wah banyak juga ya!! Punya tho baju ini sampai lupa!"

Ternyata baju banyak yang masih bagus tapi tidak terpakai karena terselip di tumpukan terbawah. Rasa syukur pun segera menyelusup ke hati.

"Hei coba tengok barang-barang itu, kemudian ingatkah ibu paruh baya dan anaknya dengan pakaian lusuh mengais sampah di sisi jalan kemarin?"

Mereka tidak punya pakaian bagus, sedangkan saya punya banyak dan bahkan tak terpakai. Buru-buru saya mengucap hamdallah.

"Alhamdulillah masih diberi rejeki."

Saya ucapkan terima kasih juga pada baju-baju itu karena telah memberikan kebahagiaan saat membelinya, lalu berkata, "saatnya kalian pensiun dan bahagiakan orang lain yang memakainya."

Ya, dengan ber-KonMari saya jadi bersyukur dan ikhlas merelakan barang-barang yang tak terpakai namun bermanfaat bagi orang lain. Efek positifnya lagi dari berbenah ala KonMari dan menjadi terapi bagi saya adalah kebahagian.

Ternyata kebahagiaan dapat muncul dari bersyukur atas barang yang telah dimiliki. Pas banget dengan quote yang di-share Teh Ridha (fasilitator grup),

"Joy is what happens to us when we allow ourselves to recognize how good things really are."
- Marianne Williamson

*tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas Quiz minggu ke 4 di kelas Shokyuu. Alhamdulillah dapet reward bagde merah sebagai 3 tulisan terbaik di grup 3. Masih ada lagi sih yang ter dari yang terbaik dapat badge hitam. Hehe..*

Ini dia badge-nya...


No comments:

Post a Comment