August 03, 2018

TASK 3: Persiapan Tidying Festival

Akhirnya setelah 4 minggu mempelajari the basic of KonMari method, datang juga saatnya Tidying Festival. Sejak bergabung awal Juli lalu, inilah tahapan praktek yang paling ditunggu-tunggu.

Karena ini merupakan kegiatan berbenah secara besar-besaran, tentu saja harus ada persiapan yang dilakukan. Inilah 8 hal yang telah saya siapkan.
 
1. Mengkomunikasikan ke pasangan
Ini nih yang paling penting! Kita harus memberitahu bahwa Tidying Festival akan dimulai minggu depan. Jadiii, pak suami dimohon pengertiannya ikut kerjasama terutama di kategori pakaian. Contohnya pak suami diajak untuk menentukan pakaiannya yang spark joy atau tidak.

2. Mempelajari kembali materi basic yang telah diberikan sebelumnya
Di sela-sela kesibukan sebagai IRT, saya sempatkan membaca kembali materi dasar dalam berKonmari agar tidak salah langkah saat proses berbenah berjalan. 

3. Membuat jadwal berbenah
Perencanaan waktu telah matang-matang dipikirkan. Saya memilih waktu sekitar pukul 10-12 siang saat anak tertidur. Kegiatan berbenah dilakukan kembali saat anak dan suami tidur di malam hari.

4. Mencari inspirasi storage yang pas
Melalui Pinterest atau Instagram, saya mulai mengumpulkan inspirasi-inspirasi storage yang sesuai dengan lemari/space di rumah. Begitu pula di WA Group, teman-teman saling berbagi inspirasi mengenai storage maupun pemanfaatan sisa ruang kosong di lemari konvensional yang bersekat tinggi.

5. Membuat storage dari kardus bekas
Sebagai #teamDIY, saya sudah membuat storage dari kardus bekas belanjaan di supermarket. Tapi tidak sepenuhnya DIY juga sih, ada kardus yang sengaja dibeli online seharga 4.000 an karena kardus bekas di rumah terbatas. Selebihnya, saya memanfaatkan wadah-wadah plastik yang telah ada di rumah.



6. Print-out KonMari category checklist  
Kategori barang dalam Konmari pastinya akan dibahas dalam minggu-minggu ke depan. Namun, tidak ada salahnya mencari tahu terlebih dahulu di internet untuk memperkaya wawasan mengenai decluttering checklist ala KonMari.


7. Melatih sensor spark joy
Karena ini agak sulit, sejak materi 'the standard of spark joy' saya sudah mencoba menyentuh barang-barang di rumah khususnya pakaian untuk merasakan seperti apa sih spark joy itu. Semakin bertambahnya ilmu yang didapat, saya dapat dengan mudah mengenali mana barang yang spark joy dan mana yang bukan. 
 
8. Menyiapkan hati yang ikhlas
Yup! Ini juga ngga kalah penting. Setelah mensorting pakaian/barang mana saja yang ingin disimpan, kita juga harus merelakan sebagiannya untuk dipensiunkan dan dihibahkan ke yang lebih membutuhkan. Kemarin Shokyuu Class Group 3 baru saja menerima materi ganbarimashou tentang bersyukur, InsyaaAllah hati ini telah siap untuk mengikhlaskan barang-barang yang tidak terpakai namun akan lebih bermanfaat bagi orang lain.


Ditulis oleh: Tantri Wandansari (Shokyuu Class Batch 2 Group 3)
#shokyuuB2Task3

No comments:

Post a Comment