July 25, 2016

My Pregnancy Story: Vitamin & Susu Hamil

H-1 HPL dan saya sedang menunggu datangnya mulas. Rasanya akan seperti apa yaaa?

Well..lebih baik saya menulis lanjutan episode My Pregnancy Story yang sudah lama tertunda. Seperti biasa saya selalu hilang mood saat akan menulis dan akhirnya end up dengan menutup laptop. :D

Ini tulisan kedua saya mengenai kehamilan saya yang sekarang memasuki usia kandungan 39 minggu. Alhamdulillah Baby F sehat, berat badannya saat check up kemarin sudah 3 Kg, dan gerakannya semakin aktif di perut saya. Kadang nendangnya kenceng banget. Kalo kata papanya Baby F laper. Hehe..

Di post ini saya akan mengulas vitamin apa saja dan susu hamil yang dikonsumsi sejak awal kehamilan.

Vitamin
Di trimester pertama, dokter memberikan suplemen  asam folat dengan Merk Promavit. Bentuk fisiknya berupa kapsul gelatin yang lembek. Vitamin ini mengandung : Tuna Oil 358 mg, omega-3 fatty acids 129 mg, DHA 97 mg, EPA 25 mg, Vitamin A 690 iu, Vitamin D3 69 iu, Vitamin B12 1 mcg, Folic Acid 150 mcg, Vitamin B6 300 mcg, Ca 200 mg, Magnesium 75 mg, Ferro 15 mg.
Duh, saya kan ngga bisa yang namanya nelen obat! Huhuuuu..dari dulu kalo sakit paling minum obat cair atau sebisa mungkin ngga minum obat. Tapi sekarang ya mau ngga mau saya harus makan vitaminnya demi Baby F di perut. Sempet dimarahi sama suami kenapa ngga bisa nelen obat, yang salah obatnya atau saya? Haha ya tentunya ada yang salah dengan saya... Jadiii akhirnya saya lubangi ujung kapsulnya dan mengeluarkan isinya. Lalu saya campur dengan air baru saya minum. :p

Di bulan kedua, saya curhat ke dokternya kalo saya kesulitan menelan obat sehingga saya harus menggerus atau mengeluarkan isi kapsul. Dokter pun memberikan alternatif dengan memberi vitamin asam folat dan zat besi rasa coklat bernama Maltofer. Tablet kunyah ini sebagai pencegahan defisiensi zat besi dan asam folat selama hamil.

Saat memasuki bulan keempat kehamilan atau trimester kedua, dokter mengganti vitamin asam folat saya dengan Folamil yang berbentuk kaplet karena kandungannya yang lebih lengkap dibanding vitamin yang saya konsumsi sebelumnya. Setiap kaplet Folamil mengandung asam folat, vitamin B1, B6, kalsium dan mineral. Selain vitamin asam folat, dokter juga memberi vitamin penambah zat besi.

Di penghujung trimester, saya mengkonsumsi Emineton sebagai penambah darah dan Osfit DHA yang mengandung DHA dan asam folat untuk pertumbuhan otak janin. Emineton berbentuk tablet sedangkan Osfit DHA berbentuk kapsul softgel. Isi dari Osfit DHA adalah tuna fish oil yang kaya asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Setiap obat tablet atau kaplet pasti saya gerus dulu sebelum diminum. Kalau kapsul softgel saya lubangi atau potong dulu ujungnya dan meminum isinya. :p Tidak seperti vitamin minyak ikan yang amis, Osfit DHA ada campuran wangi jeruknya jadi ngga amis nelennya. :D

Susu Hamil
Sejak tahu bahwa saya positif hamil, saya rajin mengkonsumsi susu hamil. Browsing lah sana sini menggali informasi susu hamil apa yang paling bagus. Dari forum ibu-ibu hamil yang saya baca, sebagian besar menyarankan minum Prenagen karena katanya kandungan nutrisinya paling lengkap seperti folat, DHA, zat besi, kalsium, inulin serta vitamin dan mineral penting lainnya. Di bulan pertama dan kedua saya rutin minum Prenagen tapi lama kelamaan saya selalu diare sehabis minum susu dan rasanya begah, kembung. Memasuki bulan ketiga, saya mulai merasa mual. Enek banget setiap nyium bau susu Prenagen ini. Karena di rumah ada stok Milo, saya minum Milo tiap hari karena rasanya ngga bikin mual. Eh tapi kata dokter,"Itu kan susunya anak kost, ganti sama susu hamil yang lain aja!" :D

Pilihan susu hamil berikutnya adalah Anmum Materna. Setelah dicoba eh kok enak ya dan yang penting ngga bikin saya diare dan mual. Anmum Materna tersedia dalam berbagai pilihan rasa seperti plain, coklat, vanilla, mango, dan mocha caramello.

Karena sudah cocok minum Anmum, saya berencana meneruskan mengkonsumsinya sampai akhir masa kehamilan. Tapi saya kepincut dengan Enfamama yang waktu itu lagi promo di RS. Hermina Pasteur. Enfamama diklaim memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding susu hamil manapun, terutama asam folatnya. Daaan yang bikin saya pengen beli itu karena harganya cuma 89.000 dapat 2 box susu 400 gr serta bonus buku info kehamilan, corong untuk komunikasi dengan jabang bayi, kalender kehamilan, smart belt extender dan free senam hamil. Banyak banget kan hadiahnya..hihi.. Sebenernya Enfamama agak sulit ditemukan di minimarket, katanya hanya dijual di Hypermart. Review dari saya tentang Enfamama, susunya enaaak, ngga bikin mual, ngga bau anyir, nyaman di perut karena ngga bikin diare atau kembung, larut dalam air dingin. Jadi yang ngga suka minum susu dengan air hangat bisa mencoba Enfamama. Oh iya setau saya rasa yang available hanya rasa coklat. Kelebihan lainnya selain asam folat yang lebih tinggi dibanding susu hamil yang ada, Enfamama juga bisa dikonsumsi hingga periode menyusui.


1 comment:

  1. Minum osfit dha digunting tuh minum langsung? Kalo di campurin ke air brp ml bun?

    ReplyDelete