July 16, 2013

There's A Gap Between My Teeth! #day15

Agak stres dan khawatir akhir-akhir ini gegara melihat susunan gigi pasca dibehel dua tahun silam. Kok berubah bentuk ya? Padahal setelah dilepas, gigi saya terlihat rapi membentuk struktur gigi ideal berlekuk U-shaped. Tapi sekarang? Tidaaaaaakkkk!!!

Yah, tujuh tahun lalu struktur gigi saya memang sangat berantakan. Jenis gigi saya itu tergolong besar sedangkan rahang kecil sehingga bertumpuklah gigi-gigi saya dengan dua gigi seri di depan seperti gigi kelinci. Untuk dibehel, dokter gigi harus mencabut EMPAT gigi saya. Sebelum memasang behel permanen, saya pernah menggunakan removable brace. -- nggak nyaman banget lah pake behel kayak gini. Pas makan harus copot. Ih ribet apalagi kalo lagi aktivitas di luar rumah. Keadaan gigi saya diperparah setelah pemakaian kawat gigi ini yang tidak disiplin: gigi kelinci saya berubah menjadi gigi Ronaldo! Yup, ada GAP yang cukup lebar saat itu. Persis gigi si pemain bola asal Brazil itu. :/

Barulah setelah itu, saya memasang fixed brace di dokter gigi spesialis orthodontic di kawasan Kebon Jati Bandung. Biaya yang dikeluarkan jauuuuuhh lebih besar ternyata. Dengan segala tetek bengeknya mulai dari rontgen, cetak gigi, kontrol tiap bulan dan bla bla bla, kebeli tuh motor matic! Behel ini bertengger selama empat tahun di gigi saya. Saat harus dilepas, dokternya bilang langkah selanjutnya adalah pemasangan behel lepasan selama satu tahun. What? Again? Supaya menahan struktur gigi yang sudah rapi dan agar gigi tidak berubah bentuk lagi katanya. Tapiiii, dua tahun berlalu daaaaan there's a gap between my teeth (again)! Thing's getting worse, my teeth have gone rabbit-like teeth. Huhuuuu... 

Menurut adik saya, yang calon dokter gigi, memang sebenarnya susunan gigi manusia itu berubah bentuk seiring waktu dan tumbuhnya gigi bungsu yang letaknya di kanan kiri ujung bagian dalam rahang juga bisa berpengaruh terhadap human's tooth movement. Baiklah, saya terima saja. Rencananya sih kepengen dikawat lagi, tapi nunggu adik saya jadi dokter gigi dulu deh biar gratisss. Hihi. -- masih lama juga kali -____-

Left to right: with fixed brace, with removable brace, without brace (captured a day after brace officially removed)

No comments:

Post a Comment